Wednesday, January 29, 2014

Legenda Suminten Edan [Ponorogo]

1:16 AM
Legenda Suminten Edan [Ponorogo]Selain legenda warok Suromenggolo legenda lain yang sangat terkenal di Ponorogo adalah Legenda Suminten Edan. Saking terkenalnya legenda ini pernah di angkat ke layar lebar (film) di tahun 80an. Bagaimana legenda Suminten Edan,inilah kisahnya.




Dahulu di kabupaten Trenggalek terjadi banyak kerusuhan karena gangguan begal yang dipimpin Surogentho,anak tokoh Brandal Surobangsat dari gunung Pegat. Bupati Trenggalek lalu mengutus putranya Raden Mas Subroto untuk memulihkan keamanan,namun ternyata gagal karena kalah dari Surogentho.Bupati lalu mengadakan sayembara siapa yang bisa memulihkan keamanan akan diberi bebono (hadiah besar)

Warok Gunoseco dari Siman Ponorogo yang terkenal sakti lalu mengikuti sayembara. Dengan kemampuanya Surogentho dikalahkan dan dinasehati agar jangan mengganggu rakyat. Karena memandang ayah Surogentho dulu pernah satu guru dengan warok Gunoseco maka Surogentho diampuni. 

Dasar mempunyai sifat buruk, saat pulang Surogentho melihat gadis cantik dan menggodanya. Gadis tersebut adalah Cempluk Warsiah anak warok Suromenggolo. Raden Mas Subroto yang melihat hal tersebut mencoba menolong namun kembali kalah. Surogentho lalu mengejar Cempluk hingga ke rumah. Warok suromenggolo yang tahu anaknya diganggu,lalu menghajar Surogentho. Surogentho pun lari ke Gunung Pegat. Raden Mas Subroto lalu singgah di rumah Suromenggolo dan jatuh cinta pada cempluk.

Di tempat lain,warok Gunoseco yang berhasil memenangkan sayembara datang ke Trenggalek meminta hadiah yang dijanjikan bupati Trenggalek. Tanpa fikir panjang,Bupati lalu menyatakan akan menikahkan anak mereka. Warok Gunoseco sangat bahagia mendengar hal tersebut lalu pulang ke Siman untuk mempersiapkan pernikahan

3 hari sebelum pernikahan,datang utusan yang menyatakan bahwa pernikahan dibatalkan karena Raden Mas Subroto memilih Cempluk anak Suromenggolo. Suminten yang sangat terkejut akhirnya menjadi gila. Suminten menari nari di jalan dan memangil setiap orang dengan panggilan Mas Brotoooo,Mas Brotoo.....

Warok Gunoseco menjadi sangat marah karena menganggap warok Suromenggolo sebagai saudara seperguruan telah menyakiti hatinya. Sebagai sesama warok ,Gunoseco lalu menantang Suromenggolo untuk berduel. Karena sama sama sakti akhirnya pertarungan tersebut tidak ada yang menang ataupun kalah.

Akhirnya keduanya lalu berbicara baik baik bagaimana mencari jalan keluar masalah rumit tersebut. Warok Suromenggolo lalu mencari Suminten kemudian mengobatinya hingga pulih seperti sedia kala.akhirnya diputuskan Bahwa Raden Subroto menikahi keduanya.

Catatan SETENPO 
Legenda ini kami tulis sebagai penghargaan khazanah budaya. Ada beberapa versi berbeda dalam setiap legenda namun bertujuan sama yakni mengambil hikmah didalamnya.