Wednesday, January 22, 2014

Unik, Pisang Berbuah 6 Tandan Tumbuh Di Desa Wringin Anom Sambit Ponorogo

7:58 PM
Unik, Pisang Berbuah 6 Tandan Tumbuh Di Desa Wringin Anom Sambit PonorogoFenomena tanaman unik belakangan banyak muncul di Ponorogo. Setelah muncul lafadz Allah di kawasan pusat kota Ponorogo, fenomena tak kalah unik juga muncul di kawasan selatan Ponorogo tepatnya di desa Wringin Anom Sambit.


Sebuah pohon pisang tumbuh dengan 6 tandan pisang sekaligus. Hal ini bermula sejak sebulan lalu di lahan di lahan bapak Gurdi, warga RT 02 RW 01 dusun Nambang desa Wringin Anom Sambit. “Pada awalnya tumbuh biasa mas seperti pisang lainya, lalu dari tengah muncul tandan pisang yang lain hingga jumlahnya kini mencapai 6 buah” ucap pemilik lahan kepada sedulur SETENPO Ardi, Selasa 21 Januari 2014. 
Meski cukup unik, pemilik lahan mengaku bahwa hal tersebut beliau anggap wajar karena di tempat yang sama dulu juga pernah ada fenomena serupa namun hanya bertandan 3.

Penjelasan ilmiah

Dari berbagai referensi yang tim SETENPO kumpulkan, munculnya pisang “aneh” dengan tandan lebih dari 1 disebabkan karena kelainan/penyimpangan gen normal tanaman sehingga hal tersebut sulit dibudidayakan alias jika ditanam kembali hasilnya hanya akan menghasilkan pisang normal dan bukan pisang bertandan banyak seperti sebelumnya.