Sunday, January 5, 2014

Kuliner Nasi Pecel Puli Khas Ponorogo

2:23 PM
Banyak aneka kuliner makanan tradisional yang menjadi milik warga Ponorogo. Salah satu menu unik ini adalah pecel puli. Meski pecel adalah makanan yang banyak ditemui,menu pecel puli kini sudah menjadi menu yang langka dan hanya dapat kita temui di beberapa tempat saja,khususnya kawasan Ponorogo tenggara.





Sabtu 4 januari 2014, tim SETENPO mencoba menu pecel puli yang dijual Bu Suri warga pasara Grogol Sawoo. Pecel puli ini disajikan dalam bungkus daun jati,berisi pecel dan puli (nasi yang dipadatkan) serta lauk gorengan seperti temped a tahu isi yang dapat kita pilih sendiri. Ada 2 jenis sambal dalam menu pecel puli ini yaitu sambal pecel biasa dan sambal parutan kelapa seperti sambal urap (krawu) namun dimasak hingga berwarna coklat kemerahan. Soal harga,sangat terjangkau. Crew SETENPO hanya membayar Rp 3000 untuk 2 porsi pecel puli yang kami makan.

“Saya berjualan setiap hari di pasar Grogol sebelah selatan prapatan, rumah saya juga disini dan hampir semua warga di pasar ini masih saudara "ucap Bu Suri kepada crew SETENPO. Saat ditanya sejak kapan berjualan, Bu Suri menjawab “wah sejak lama, sejak saya belum berkeluarga sampai sekarang punya cucu” ucapnya sambil tertawa.